May 6, 2009

Bapepam-LK sisir perusahaan pembiayaan

oleh : M Tahir Saleh

Biro Pembiayaan dan Penjaminan Bapepam-LK terus menyisir seluruh perusahaan pembiayaan (multifinance) terdaftar untuk meningkatkan pembinaan dan pengawasan.

Jongki Artezi, Kepala Bagian Pemeriksaan Lembaga Pembiayaan Biro Pembiayaan, mengatakan pihaknya saat ini terus melakukan penyisiran terhadap seluruh multifinance baik yang dinilai bermasalah maupun tidak.

"Ini memang terus kami lakukan terhadap pelaku usaha pembiayaan semenjak terbitnya beberapa peraturan mengenai lembaga pembiayaan," katanya kepada pers hari ini.

Menurut dia, penyisiran tersebut menitikberatkan pada tiga aspek yakni kelembagaan, keuangan, dan kegiatan operasional multifinance.

"Tujuannya dari langkah ini yang sifatnya berkala ini untuk membina dan mengawasi. Tentu ada temuan yang negatif tetapi belum bisa kami ungkapkan ada saja dan siapa saja perusahaan itu," ujarnya.

Pada 31 Maret, katanya, Depkeu juga mencabut izin usaha PT Sahabat Multifinance karena yang bersangkutan mengembalikan izin usaha setelah mengubah segmen bisnis dan tidak lagi menjadi perusahaan pembiayaan.

Kepala Biro Pembiayaan M Ihsanuddin menegaskan pihaknya terus meningkatkan pembinaan bagi multifinance guna perbaikan dan pengembangan industri pembiayaan lebih baik lagi. "Untuk mengembangkan industri ini, kami melakukan tugas sebagai regulator"
(bisnis.Com)

0 comments:

 
Photography Templates | Slideshow Software