May 23, 2009

Kubica: F1 Tidak Membutuhkan Ferrari!

Tak semua orang merasa kehilangan jika Ferrari benar-benar mundur dari balapan Formula 1 (F1) pada musim 2010 nanti. Robert Kubica termasuk orang yang cuek dengan ancaman Scuderia, karena dia yakin F1 tetap berlangsung gegap gempita meskipun tim "Kuda Jingkrak" itu keluar.

Malah pebalap BMW-Sauber tersebut mengatakan, F1 tidak butuh Ferrari karena saat ini tim privateer juga sudah bisa bersaing. Jadi, kehilangan tim besar seperti Ferrari tidak terlalu memberikan pengaruh yang signifikan.

"Ini bukan jaman dulu, ketika kebanyakan tim bukan pabrik-pabrik besar perusahaan mobil. Perusahaan-perusahaan mobil itu hanya membantu memasok mesin yang dijalankan oleh tim privateer," ungkap Kubica.



"Jadi, jika tidak ada Ferrari atau mobil pabrikan lainnya, semua orang akan dengan segera melupakan mereka," tambahnya.

Meskipun demikian, Kubica tetap mengakui bahwa dinamika F1 akan berubah ketika tim-tim pabrikan tak ada. Tetapi balapan jet darat paling bergengsi ini akan tetap bertahan, seperti saat juara dunia tujuh kali Michael Schumacher memutuskan untuk pensiun pada akhir musim 2006.

"Tentu saja, pemandangan pasti berubah. Saya ingat ketika Michael pensiun dan semua orang mengatakan bahwa F1 tidak akan sama. Dan saya pikir dalam waktu dekat, ketika musim baru dimulai, tak ada orang yang berpikir lagi bahwa tak ada Michael, karena balapan tetap menghibur dan sangat bagus. Jadi, F1 akan terus berjalan," pungkasnya.

Memang, Ferrari kemungkinan besar akan meninggalkan F1 karena mereka kalah dalam sidang gugatan kepada FIA di pengadilan Perancis pada hari Rabu lalu. Tim legendaris di F1 ini menolak rencana budget cap untuk musim depan yang dilontarkan presiden FIA Max Mosley.
(kompas.com)


Tags: , ,

1 comments:

Anonymous said...

Gimana gak kehilangan kan ferrari udah seperti simbol f1

 
Photography Templates | Slideshow Software